Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2006

2DArtist Magazine Issue 002 February 2006

Gambar
2DArtist Magazine Issue 002 February 2006 adalah kelanjutan dari 2DArtist Magazine Issue 001 terdahulu yang pernah saya posting, dan seterusnya akan saya bagikan kepada anda semua sampai issue - issue tahun 2012, semoga tidak ada yang terlewatkan dari semua edisi 2DArtist Magazine ini. Meskipun 2DArtist Magazine ini edisi yang telah lama dan berlalu, namun isi dari content 2DArtist Magazine ini sangatlah bermanfaat untuk menambah ilmu dan wawasan di dunia senirupa dalam bidang graphic design. dan kami berharap semoga blog senirupa ini bisa menjadi ruang pustaka bagi anda yang bergelut di bidang senirupa. 2DArtist Magazine Issue 002 February 2006 Bahasa :Inggris Jumlah Halaman :  94 page Besar file : 40 MB Download : Click Here Pasword : paceko

MENYEDERHANAKAN CHARACTER DENGAN PRIMITIVE OBJECT

Gambar
MENYEDERHANAKAN CHARACTER DENGAN PRIMITIVE OBJECT Sejauh ini kelas kita berjalan dengan baik. Kemarin kami semua sempat berdiskusi keinginan para peserta mengenai apa yang akan mereka buat seandainya menguasai software 3D. Bisa dikatakan sebagian besar anggota menjawab ini membuat �character�. Character yang ingin dibuat bervariasi dari wanita cantik, monster, hingga character cartoon yang lucu2x. Hanya ada 2-3 peserta yang menjawab object arsitektur atau FX. Karena sebagian menjawab character maka gw memutuskan sebagian besar dari kita bisa melanjutkan utk mencapai hasil tersebut. Saat ini semua tugas berhubungan dengan Drawing character. Pada akhirnya tujuan dari semua tugas2x yang diberikan adalah : MEMBERIKAN KESEMPATAN BAGI PESERTA UTK MENDESAIN CHARACTER yang ingin dibuatnya dalam bentuk 3D. Utk mampu mendesain character di perlukan beberapa tahap: Mulai belajar menggambar dengan menggunakan object yang sebelumnya sudah ada (misalnya dari photo seperti yang kita lakukan sekarang)

SHADING

Gambar
SHADING Waktu pelajaran terakhir kemarin Elte sempat berkomentar. Kayaknya soal yang leo kasih terlalu sulit deh. Oke...kali ini gw akan mulai dengan soal yang lebih sederhana. Sebelum kita mulai bisa menggambar bentuk rumit seperti orang atau characte lainnya ada baiknya kita mulai dari bentuk2x sederhana seperti Bola, Kubus, silinder atau limas dan piramid. Dengan bentuk2x sederhana seperti ini hasil yang ingin gw liha kali ini adalah shading. Jadi dengan object sederhana seperti bola kita bisa melihat kedalaman 3 dimensionalnya dengan membentuk gradasi terang-gelap dari sebuah object. Gradasi terang gelap ini dibuat dengan mengarsir pensil secara berlapis-lapis. Semakin gelap warna yang ingin kita peroleh maka jumlah tumpukan atau arsiran akan semakin banyak. Dalam bahasa Inggris istilah arsiran di sebut juga dengan RENDER (mirip dengan istilah rendering di 3D Animation software). Untuk menghasilkan render yang baik pensil tidak boleh digosok. Rendering pensil mempunyai characterist

traditional Art

Gw sempet diskusi dengan banyak temen2x yang sempet sekolah animasi di luar negeri. Jujur saja kalau banyak orang Indonesia yang belajar di luar negeri. Walaupun dengan modalitas belajar yang sama, harus kita akui bahwa orang2x yang belajar di luar negeri menghasilkan karya yang secara umum lebih baik dari orang2x yang belajar animasi di Indonesia atau secara otodidak. Hal ini menimbulkan pertanyaan, �Apa sih secara umum yang membedakan murid2x dari Asia dgn murid2x dari barat (bule misalnya)?� Secara umum jawabannya adalah: murid2x bule (termasuk orang2x Asia yang lahir dan besar di Amerika/Eropa) mempunyai background yang lebih kuat pada bidang traditional Art (seperti drawing, painting dan design). Sehingga pada saat belajar 3D Art mereka menyadari bahwa tools yang ada pada software 3D adalah �alat� utk mengimplementasikan ide/design yang sudah ada. Kalau boleh jujur sebenarnya secara teknis murid2x dari Asia lebih kuat, namun pada akhirnya seringkali belajar software 3D secara memb

FIRST ASSIGNMENT : DRAWING

FIRST ASSIGNMENT : DRAWING Selamat datang di SEKOLAH 3D . Tempat di mana para pemula dapat belajar dan saling berbagi pengalaman secara online. Dalam sekolah 3D selanjutnya akan ada link2x yang berkaitan dengan pelajaran 3D Art dan materi yang akan dibahas akan diurutkan sesuai dengan kebutuhan. Oke...sudah siap? Tunggu dulu, jangan terburu2x buru..kita mulai dengan perlahan saja sekarang. Sebelum kita memulai diskusi kita pada hari kamis nanti kami akan melakukan pendataan terlebih dahulu. Jadi kami minta tolong para peminat melakukan bebepa hal berikut : Kirimkan email yang menceritakan tentang anda, dengan deskripsi di dalamnya mencakup: Nama lengkap, nick anda di YM, tempat/tanggal lahir, Alamat, sekolah atau status kerja anda, dan tentu saja cita-cita anda dalam belajar 3D Art. Kami ingin mengenal anda lebih jauh. Di dalam email tersebut kami juga ingin mengetahui pengalaman anda sejauh ini di bidang Art dan animasi secara umum, skill traditional apa yang anda miliki, software apa