Memanggil Teks External ke dalam Flash

Buat teks dengan Notepad, simpan dengan nama Teks1Dalam tutorial ini, anda akan membuat sebuah teks yang bersumber dari file lain. Artinya anda akan memasukkan teks yang tersimpan pada sebuah file dengan ekstensi .txt. Cara ini sangat memudahkan anda apabila anda memerlukan perubahan teks untuk keperluan tertentu. Untuk mengganti teks tersebut, anda tidak perlu membuka dan memodifikasi file FLA dan mempublisnya kembali dalam bentuk SWF.

Langkah 1

Siapkan sebuah folder baru untuk menyimpan file FLA, SWF dan TXT yang akan dibuat.

Langkah 2

Buka aplikasi teks editor Notepad bawaan Windows dengan cara klik Start > All Programs > Accessories > Notepad. Buat teks atau paragaraf yang diawali dengan myVariable= dan Simpan dengan nama Teks1. Penting: anda harus memperhatikan nama file yang anda buat, karena nama file tersebut akan dipanggil dengan menggunakan action script untuk ditampilkan dalam file flash (swf) nanti. Lihat contoh berikut.



Langkah 3

Buka aplikasi Macromedia Flash 8, buat sebuah dokumen baru dan simpan pada folder yang sama dengan file TXT yang baru saja dibuat. Anda bebas menentukan nama file sesuai keinginan anda, hal ini tidak akan berpengaruh pada hasil akhir.

Klik Text Tool, buka Panel Properties, ubah Text type menjadi Dynamic Text, kemudian buat sebuah text area pada stage.

Buat text area Dinamic Text

Langkah 4

Tambahkan scroll bar jika teks yang anda buat terlalu banyak. Hal ini untuk membuat agar teks mudah dibaca pada saat sudah masuk dalam swf. Takan tombol CTRL+7 untuk membuak Panel Componens. Pada pilihan User Interface pilih UIScrollBar dan drag ke stage (posisikan disebelah kana teks area).

Tambahkan scrollbar

Langkah 5

Klik frame 1, buka Panel Actions (Window > Actions atau tekan tombol F9). Masukkan action script berikut:

myData = new LoadVars();
myData.onLoad = function() {
myText_txt.text = this.myVariable;
};
myData.load("Teks1.txt");

ACtions PanelSelesai. Tekan tombol CTRL+ENTER untuk melihat hasilnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 Karya Seni Patung dan Biografi Dolorosa Sinaga

Car Modelling Tutorial Series maya - Bugatti Veyron