Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2009

Area Bekerja Flash

Gambar
Menu Bar adalah kumpulan menu-menu yang ada pada Flash 8 Timeline jendela panel yang digunakan untuk mengelompokkan dan mengatur isi atau gerak sebuah movie atau simbol, panel time line ini berisi: scene merupakan tempat berbagai kejadiandi dalam stage layer merupakan tempat dimana kita menampung objek dalam satu scene frame merupakan tempat kita mengatur animasi bagian perbagian yang di kelompokan dalam sebuah layer Stage adalah area putih dimana kita bekerja dengan objek di dalam flash Nama file merupakan tempat dimana nama dari file yang kita buat dicantumkan untuk lebih memudahkan apabila kita bekerja dengan file yang banyak Tools adalah alat-alat yang ada di dalam flash dan yang akan kita gunakan untuk bekerja dengan objek, untuk lebih detailnya lihat gambar. Zoom merupakan option dimana kita mengatur besar kecilnya stage atau area kerja kita Panel action adalah tempat kita menuliskan script/coding/actions Properties adalah panel dimana kita mengatur objek yang kita gunakan untuk

Cara meletakan action script pada Button

Gambar
Pemrograman Flash sangat sensitif sekali akan kesalahan, apalagi menyangkut action script, jadi apabila terjadi kesalahan kecil saja maka program flash yang kita buat tidak akan bekerja. Karena itu pada kesempata ini akan diberikan dasar-dasar yang sebenarnya sangat sepele, tetapi apabila diabaikan, akan berakibat fatal, apalagi buat para orang yang baru belajar flash. Untuk meletkan action script pada button adalah : Pastikan button (tombol) baik yang kita buat sendiri ataupun yang mengambilnya dari panel library sudah terseleksi. Cara menyeleksinya yaitu dengan selection tool dan kita klik satu kali pada button yang ingin kita beri action. Untuk memastikannya kita bisa melihat pada property inspector setelah button kita seleksi maka akan muncul keterangan seperti pada gambar di bawah. Setelah button yang ingin kita beri scipt sudah terselaksi, langkah selanjutnya adalah membuka panel action. Disini ada beberapa cara yang bisa digunakan, pertama bisa degan lagsun tekan f9, yang kedua

Cara Memberi nama Instance

Gambar
Pemberian nama instance pada tombol atau movie clip sangat perlu tunuk interkasi dengan action yang kita buat. Jadi sebelum menulis script pada tombol atau movie clip, tombol atau movie clip harus di beri nama instance. Caranya adalah sebagi berikut : Klik objek tombol atau movie clip yang akan di beri nama instance. Kemudian kita buka panel properties dan isikan nama instance yang akan kita berikan pada kotak Instance Name. Setelah itu baru kita tekan Enter, dan selesai. Untuk mendownload file pdfnya silahkan klik DISINI

Membuat tombol Navigasi sederhana

Gambar
Pada tutorial kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana membuat tombol navigasi, ngerti kan apa itu tombol navigasi? Tombol navigasi itu berfungsi agar pengguna dapat berinteraksi dengan movie flash yang kita buat. Misalkan mereka ingin pergi kebagian tertentu, kita sebagai pembuat telah menyediakan navigasi yang berupa tombol untuk mereka klik. Langsung saja yah�. Buka program flash tentunya, setelah itu buat file baru dengan properties tertentu, saya pakai ukuran 800x600. Pada frame 1 buat teks dengan Teks Tool dan propertisnya teks statis bertuliskan �Home�. Klik frame 1, kemudian ganti �Frame label� dengan �home� setelah itu tekan Enter. Klik kanan frame 10 pilih Insert Blank Keyframe, kemudian buat teks statis �Materi�. Klik lagi frame 10 dan ganti �Frame label� dengan �materi� dan tekan Enter. Buat lagi seperti langkah no. 4 diatas pada frame 20 dengan teks statis bertuliskan �Latihan� dan �Frame label� diganti dengan �latihan�, kemudian pada frame 30 dengan teks statis bert

Aplikasi Kartu Ucapan ulang tahun menggunakan Flash

Ini merupakan contoh aplikasi flash dalam kartu ucapan ulang tahun. Sederhana namun mempunyai makna yang berarti. Silahkan download untuk di pelajari DISINI Untuk membuka file animasi kartu ucapan ulang tahun, setelah didownload silahkan extrak file yang telah didownload menggunakan program winzip. Selamat belajar dan menikmati

Dasar Pembuatan Button (tombol) pada Flash

Gambar
Button pada flash sangat penting sekali fungsinya, merupakan media interaksi antara pengguna dengan aplikasi yang akan kita buat. Disini akan saya paparkan 3 cara pembuatan button. Cara I Pertama kita buat sebuah kotak dengan menggunakan rectangle tool , atau kalau anda senang dengan button yang berbentuk lingkaran anda jiga bisa membuatnya dengan menggunakan oval tool. Tergantung gimana anda, tapi dalam tutorial ini saya membuatnya dengan menggunakan objek kotak. Kemudian kita seleksi seluruh objek dari kotak tersebut. Ingat dalam menyeleksi harus terseleksi semua, karena dalam flash objek dibedakan antara fill dengan stoke. Jika sudah terseleksi semua kemudian kita klik kanan pada objek tersebut dan pilih convert to symbol, pilih button pada option behavior dan tombol pada name, setelah itu klik ok. Selesai, kita sudah membuat sebuah tombol dengan cara yang pertama, untuk melihat hasilnya, langung aja tekan Ctrl+Enter. Cara II Pertama kita pilih Insert > New Symbol pada pilihan m