Trik Menggunakan Mesh Fill Tool dengan CorelDRAW

Disarankan menggunakan CorelDRAW X5
Tingkat ; Setengah  Mahir

Ini adalah cara Menggunakan Mesh Fill Tool yang aku anggap mudah pengerjaannya, jadi yang selama ini Mas Bro benar-benar sulit dalam menciptakan grid yang sesuai dengan yang diharapkan, tutorial ini adalah solusinya...

Sumber; http://coreldraw.com/forums/ yang telah dialih bahasa dan disesuaikan dengan gaya bahasa penulis yang gampang dimengerti dan semoga tutorial yang singkat ini bisa menjadikan pencerahan bagi Mas Bro Sekalian


Disini yang akan kita beri effect gradient Mesh Fill adalah gambar Gelas Bir.

Langkah 1

Gambarlah garis cangkir dengan Freehand Tool atau sejenisnya. Object dalam keadaan terpilih (aktif)  klik Mesh Fill Tool pada Toolbox atau tekan tobol huruf M di Keyboard maka grid akan secara otomatis tercipta tetapi disini grid (garis2) yang tercipta akan tersusun secara acak dan sampeyan akan membutuhkan banyak usaha untuk mencapai hasil yang diinginkan (Gbr1). Untuk mensiasati yaitu membuat grid secara manual di dalam sebuah object kotak (Gbr.2), sehingga terbentuk baris dan kolom grid horizontal 1 dan vertikal 1. Klik setiap garis horizontal untuk menambahkan dua node.




Langkah 2

Buat tambahan object garis, beri warna hijau dengan maksud sebagai bantuan untuk mengatur lengkungan grid. Pertama kita memodifikasi garis grid vertikal terluar yang ada di tepi luar cangkir {Gbr.3). Membuat lengkungan garis kita harus menciptakan poin (node) tambahan dan poin (node) yang tidak dibutuhkan harus dihapus. Kemudian atur garis seperti kalau kita mengedit object dengan Shape Tool. Langkah selanjutnya kita menambahkan baris vertikal dengan cara klik pada tepi vertikal object kotak dan klik icon Add Intersection pada Property Bar maka grid akan terbentuk secara otomatis, kalau ingin menambahkan grid lakukan langkah tersebut (Gbr 4). Selanjutnya kita membuat grid horizontal lakukan seperti langkah sebelumnya (Gbr.5).


Langkah 3

Selanjutnya untuk penempatan warna klik pada node-node yang ada dan pilih warna pada Color Palette. Sampeyan juga dapat memberikan warna kepada beberapa node sekaligus dengan cara klik tempat bebas dan drag diantara garis grid mesh (titik hitam akan aktif) dan pilih warna pada Color Palette. Lanjutkan bereksperimen dengan warna yang berbeda untuk mencapai hasil yang sampeyan kehendaki.



Langkah 4

Selanjutnya select object kotak yang sudah diberi gradient effect Mesh dan pada Menu Bar --> Effects --> PowerClip --> Place Inside Container... dan arahkan panah pada outline object gelas dan klik sehingga tercipta object seperti (Gbr 9). selanjutnya buat object tambahan untuk membuat kesan effect Glosy (Gbr 10). beri warna putih dan beri sedikit effect transparan dengan Tranparency tool  di Toolbox dan tempatkan seperti (Gbr 11)



Selanjutnya kreasikan sesuai dengan imajinasi Mas Bro sekalian. Ok... selamat mencoba


Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 Karya Seni Patung dan Biografi Dolorosa Sinaga

Car Modelling Tutorial Series maya - Bugatti Veyron