Membuat Aplikasi AIR di Android melalui flash CS5.5

Fitur yang ditawarkan Flash CS5.5 sangat lumayan menurut saya, karena di dalamnya sudah banyak fitur yang didukung, diantaranya publish untuk device android dan iOS. Untuk publish di dua platform tersebut tentunya tidak menggunakan .swf lagi yang disebut-sebut memboroskan pemakaian baterai. Namun, untuk masuk ke android dan iOS, Adobe memberikan solusi yaitu melalui Adobe AIR. Bagi yang belum tau Adobe AIR silakan baca-baca dulu :D.
Asumsi saya kita sudah menginstall android-sdk, untuk menginstallnya silakan liat di link ini : Instalasi Android di Eclipse.
Untuk membuat aplikasi untuk dipublish di AIR samasekali tidak sulit, kita dapat mempraktekkannya setelah kita menginstall flash CS 5.5 :cendol:
  1. Buat sebuah dokumen baru dengan flash CS5.5
    Dokumen Baru
    Dokumen Baru
  2. Kemudian simpan file, misal di sini diberi nama AIRAndroid.fla. Di situ otomatis akan terbentuk file xml, file tersebut merupakan ciri bahwa file flash akan dipublish menjadi aplikasi AIR.
    List File
    List File
  3. Nah, sekarang kita coba bikin teks simpel dengan Text Tool (shortcut keyboard : T), pilih font Segoe WPatau terserah Anda.
    Text Tool
    Text Tool
  4. Sekarang kita buka settingnya di menu File > AIR for Android Settings..
    Setting
    Setting
  5. Sekarang kita ke bagian tab Deployment.
    Deployment
    Deployment
  6. Nah. untuk publishing, kita perlu membuat sebuah certificate sendiri. Tekan tombol create untuk membuat certificate. Isi dengan data yang kamu ingin isikan. Ingat passwordnya :).

    Certificate
  7. Setelah itu tekan OK. Maka akan muncul tulisan �Self-certificate has been created.�
  8. Isikan password, dan pilih opsi sesuai yang diinginkan. Jika ingin menjalankan di smartphone android, pilih Device Release. Namun jika ingin menjalankan di emulator saja, pilih Emulator release.
    Publish
    Publish
  9. Tekan Publish agar memulai proses compile program.
  10. Jika memilih untuk menginstal pada aplikasi android dan belum menginstall AIR Runtime, maka akan tampil seperti ini.
    Screenshot
    Screenshot
  11. Klik install jika ingin menginstall.
  12. Yeah.. sekarang aplikasi sudah terinstall. Happy Programming ^_^
    Akhirnya
    Akhirnya
Download Source

Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 Karya Seni Patung dan Biografi Dolorosa Sinaga

Car Modelling Tutorial Series maya - Bugatti Veyron