Teknik Animasi Sederhana: Animasi Tweening

gear
Software Macromedia Flash memang menarik untuk dipelajari, dengan menggunakan macromedia flash kita dapat membuat animasi sederhana, presentasi mulai dari yang dasar hingga yang kompleks, konten video, dll. Tentang kegunaan macromedia flash telah saya jelaskan di tulisan saya sebelumnya. Kali ini saya akan memperkenalkan kepada anda tentang animasi sederhana (animasi tweening).

Buat anda yang sudah lama belajar flash tentu sudah tahu apa itu animasi tweening. Buat yang masih pemula silahkan baca tulisan saya tentang animasi tweening sampai tuntas. Buat yang sudah mahir flash dilarang membaca, nanti bisa ngakak. :)

Animasi tweening adalah animasi sederhana yang mudah dibuat karena memang sangat sederhana sekali. Coba perhatikan contoh animasi sederhana dibawah ini



perhatikan juga contoh animasi sederhana yang satu ini




perhatikan juga contoh animasi sederhana dibawah ini




Animasi lingkaran bergerak dari kiri ke kanan, animasi lingkaran berputar, dan animasi lingkaran dari ukuran kecil kemudian membesar (terserah anda mau menyebutnya apa) di atas adalah contoh animasi sederhana animasi tweening.

Apa itu animasi animasi tweening?

Tweening berasal dari kata 'in between' atau jika diterjemahkan dalam bahasa saya sehari-hari 'in-between' = 'dalam diantara' atau 'diantara'. Bingung? belum jelas? Coba anda lihat gambar di bawah ini.


Gambar diatas adalah proses membuat animasi tweening. Diantara key frame 1 dan key frame 10 klik kanan > Crate Motion Tween > kemudian antara key frame 1 sampai key frame 30 sehingga secara otomatis akan terbentuk frame-frame baru.


Dari gambar diatas maka akan diperoleh definisi / pengertian animasi tweening. Tweening adalah proses menganimasikan objek dengan cara memberikan perubahan bentuk / posisi objek yang terletak di frame awal atau di akhir frame sehingga akan terbentuk frame-frame baru diantara frame awal dan frame akhir. Begitulah definisi saya, apakah anda punya definisi yang lain? Silahkan tulis di kolom komentar.

Tulisan yang saya rekomendasikan bagi anda yang sedang belajar flash: mengenal fungsi flash sebagai software, definisi animasi flash

Enjoy!! :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 Karya Seni Patung dan Biografi Dolorosa Sinaga

PERBEDAAN INSERT FRAME DAN INSERT KEYFRAME ADOBE FLASH