Membuat Dokumen PDF



Aplikasi: CorelDRAW X4

Salah satu kelebihan program CorelDRAW X4 adalah kemampuannya untuk mengkonversi sebuah dokumen ke dalam format PDF. Langkah-langkah pembuatannya sangat mudah dan tidak perlu menginstal aplikasi tambahan terlebih dulu. Fasilitas pembuatan dokumen PDF telah tersedia dalam CorelDRAW X4. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Tekan Ctrl+N untuk membuat kanvas kerja baru. Tentukan ukuran kanvas kerja sesuai kebutuhan anda, misalnya ukuran A4 (21 CM X 29,7 CM).

Pilih Text Tool di dalam Toolbox atau tekan F8. Setelah Text Tool terpilih, Klik sambil tahan di atas kanvas kerja, kemudian geser secara diagonal untuk membuat Text Frame (bingkai teks). Apabila Text Tool tidak terlihat di atas kanvas kerja, pilih Text>Paragraph Text Frame dan beri tanda centang pada Show Text Frames.


Ketiklah teks di dalam Text Frame, umpamanya anda akan membuat sebuah proposal penawaran. Apabila materi proposal telah anda buat sebelumnya dalam aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Office Word, ini tentu saja akan memudahkan pekerjaan anda. Pilih (blok) seluruh materi yang ada dalam dokumen Microsoft Office Word anda, tekan Ctrl+C untuk mengcopynya. Buka kembali aplikasi CorelDRAW X4 dan pastikan Text Frame telah anda buat. Pilih Text Frame kemudian tekan Ctrl+V didalamnya untuk menyalinnya.

Setelah pembuatan proposal selesai, pilih File>Publish To PDF. Beberapa saat kemudian akan muncul kotak dialog Publish To PDF. Tentukan di Folder mana dokumen PDF akan disimpan dan beri nama pada kotak File Name. Apabila anda akan melakukan pilihan secara manual dan disesuaikan dengan kebutuhan anda, tekan tombol Settings. Dalam kotak dialog Publish To PDF Settings aturlah beberapa spesifikasi yang anda inginkan. Misalnya pada Export Range, anda dapat menentukan halaman berapa saja yang akan dijadikan dokumen PDF.

Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 Karya Seni Patung dan Biografi Dolorosa Sinaga

PERBEDAAN INSERT FRAME DAN INSERT KEYFRAME ADOBE FLASH