POSISI X DAN Y PADA FLASH

Di sekolah kita pasti diajari tentang sumbu cartesius. Sumbu cartesius dibagi menjadi 2 garis yaitu garis horisontal untuk posisi x dan garis vertikal untuk posisi y. Pertemuan antara 2 garis tersebut berada di koordinat (0,0). Selanjutnya lihatlah gambar di bawah ini :
xy-normal1
Sumbu cartesius pada matematika
Pada gambar di atas terlihat jelas bahwa :
semakin kekiri nilai x akan bernilai negatif dan semakin kekanan nilai x akan bernilai positif
semakin keatas nilai y akan bernilai positif dan semakin kebawah nilai y akan bernilai negatif
Tetapi di Flash terdapat perbedaan mengenai sumbu cartesius tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini :
xy-flash1
Sumbu cartesius pada Flash
Melalui gambar diatas kita dapat mengetahui 2 perbedaan mengenai sumbu cartesius di Flash :
1. Posisi koordinat (0,0) berada di pojok kiri atas stage.
2. Pada sumbu y semakin ke atas nilai y akan bernilai negatif dan semakin ke bawah nilai y akan bernilai positif.
Sebagai contoh jika anda ingin membuat sebuah objek turun ke bawah gunakan script berikut :
1
2
3
onClipEvent (enterFrame) {
 _y += 5;
}
Ingatlah 2 perbedaan di atas. Bagi anda yang terbiasa menggunakan sumbu cartesius pada matematika, mungkin anda akan sering mengalami masalah tentang penulisan posisi y pada Flash. Anda akan membutuhkan waktu untuk membisakan diri dengan perbedaan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 Karya Seni Patung dan Biografi Dolorosa Sinaga

PERBEDAAN INSERT FRAME DAN INSERT KEYFRAME ADOBE FLASH