Kok gambar melulu? Kapan mulai belajar Softwarenya?

Selama ini kita terus menggambar...menggambar dan menggambar tanpa menyentuh 3D sama sekali. Gw tahu bahwa sebagian besar murid sekolahcg menyangka bahwa begitu mereka bergabung bersama sekolahcg pada saat itulah mereka bisa memegang software animasi.

Mohon maaf sekali buat yang merasa kecewa dengan apa yang kita jalani selama ini. Namun gw lebih senang punya sedikit �murid� yang mengikuti konsep yang gw yakini selama ini daripada mempunyai murid banyak yang nggak mengerti atau tidak mau mengerti sama sekali apa yang mereka butuhkan.

Buat gw membuat sebuah karya animasi 3D adalah ibarat
MENGGAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN GALAH

Artinya utk bisa membuat karya animasi berkualitas baik..kita harus bisa menggambar dulu baru belajar menggunakan galah. Apa gunanya kita belajar menggunakan galah kalau kita tidak bisa menggambar? Software Animasi 3D itu cuma alat. Sebuah alat yang sedemikian canggih sehingga perlu waktu lama untuk menguasainya.

Proses menggambar akan banyak sekali kegunaannya, misalnya :
  • Character design
  • Storyboarding
  • Animation planning
  • Pengetahuan anatomy utk rigging
  • Visual vocabulary (wawasan) utk meningkatkan kualitas animasi.

Murid2x dari SEKOLAHCG diharapkan bisa menjadi seorang character artist yang lengkap. Dan arah ini dibuat berdasarkan permintaan peserta sendiri pada awal sesi SEKOLAHCG diadakan pada bulan February 2006.

Menjadi seorang Character Artist artinya peserta diharapkan bisa melakukan character modeling, texturing & shading, rigging, animasi hingga rendering. Intinya adalah menghasilkan sebuah short Animation utk diperlihatkan kepada orang2x terdekat yang dicintai dan kalangan luas.

Sesi basic akan segera selesai dan kita akan mengakhirinya dengan membuat character design.
Untuk yang penasaran dengan apa yang akan kita lakukan di masa mendatang. Programnya adalah:
  • Character design termasuk design pack (tampak depan, samping, belakang dan � view)
  • Pengenalan software animasi 3D dengan simple modeling (pesawat dan tangan)
  • Character Animation (sangat sederhana)
  • Character Animation Full (kedua animasi ini dibuat dengan menggunakan rig yang sudah disediakan)
  • Character Modeling
  • Character Rig
  • Character Texturing
  • Tugas akhir : membuat short animation dengan locked camera (tanpa cut) dengan durasi 15-30 detik.

Durasi belum ditentukan kemungkinan besar adalah jumlah materi diatas dikali 2 atau 3 (antara 16-32 minggu) hingga selesai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 Karya Seni Patung dan Biografi Dolorosa Sinaga

PERBEDAAN INSERT FRAME DAN INSERT KEYFRAME ADOBE FLASH