Memainkan Mp3 dengan Flash

Mainkan Mp3 dengan flashSebenarnya terdapat banyak cara untuk memainkan file musik MP3 dengan Flash. Saya lebih suka menggunakan cara ini daripada cara yang lainnya. Karena saya dapat menambahkan tombol play dan stop untuk interaktifitas sebagai kontrol musik tersebut. Bagaimana saya melakukannya? Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1

Buat sebuah dokumen Flash .Importkan file Mp3 ke dalam Lybrary. Klik menu File > Import > Import to Lybrary... Buka Panel Lybrary (CTRL+L), klik kanan file Mp3 yang baru saja anda importkan, klik Lingkage... Pada kotak dialog Lingkage Properties yang muncul, klik check box "Export for ActionScript" maka secara otomatis check box "Export in firs frame" ikut terseleksi, ketikkan "sounku" sebagai identifiernya.

Linkage

Langkah 2

Buat sebuah tombol pada stage yang diasumsikan sebagai tombol play. Tombol ini digunakan untuk memaikan kembali sound yang dalam keadaan berhenti. Caranya: Buatlah sebauh objek sesuai keinginan anda kemudian klik kanan > Convert to Symbol...> Pilih Button dan beri nama "Tombol Play" > OK.

Buat objek tombol play

Pastikan objek tombol play dalam keadaan terseleksi, buka panel action (F9) kemudian pastekan action script berikut.

on (release)
{
sndMusic.start();
}



Langkah 3

Buat sebuah layer baru. Pastikan layer tersebut dalam keadaan aktif, ulangi langkah 2 untuk membuat tombol stop (bentuk objek berbeda dari yang sebelumya dan beri nama Tombol Stop). Tidak usah saya jelaskan, pasti anda sudah tahu fungsi dari tombol stop. Agar dapat berfungsi sebagai tombol stop, maka action script-nya berbeda dari yang sebelumnya. Berikut action script untuk tombol stop.
on (release)
{
sndMusic.stop();
}


Langkah 4


Buat sebuah layer baru dan beri nama action. Layer ini berfungsi sebagai tempat action script untuk memanggil file Mp3 yang telah diimportkan. Klik pada frame 1 pada layer baru tersebut, klik kanan > plih Action > pastekan action script berikut.

Action script untuk memanggil file Mp3

var sndMusic = new Sound();
sndMusic.attachSound("soundku");
sndMusic.start();


Selesai. Saya memiliki hasi seperti gambar berikut.

Tekan tombol CTRL+ENTER untuk memainkan hasilnya. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 Karya Seni Patung dan Biografi Dolorosa Sinaga

PERBEDAAN INSERT FRAME DAN INSERT KEYFRAME ADOBE FLASH