Membuat Objek yang Dapat Didrag

Membuat objek yang dapat didragDalam tutorial kali ini anda akan belajar bagaimana membuat objek yang dapat didrag (dipindah dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya dengan menggunakan mouse) dengan menggunakan Macromedia Flash 8. Yang kita butuhkan hanya sebuah objek dalam bentuk Movie Clip dan action layer ( action script yang diletakkan pada layer). Untuk memudahkan anda, silahkan download file contoh (fla dan swf).

Langkah 1

Buatlah sebuah dokumen baru pada Macromedia Flash 8

Langkah 2

Buat sebuah objek dalam stage atau import gambartkan gambar ke dalam stage. (Disini saya mengimpotkan gambar mobil). Klik kanan objek tersebut > Convert to Symbol... Pada kotak dialog Conver to Symbol yang muncul, ketikkan nama symbol tersebut (terserah anda) dan klik radio button Movie clip.

Buat sebuah Movie clip

Langkah 3

Pastikan objek Movie clip yang baru saja dibuat dalam keadaan terseleksi. Buka Panel Properties, cari kotak Instance Name dan ketikkan "mobil_mc".

Memberi nama instance nameLankah 4

Arahkan mouse anda pada timeline, buat sebuah layer baru bernama "action script" kemudian klik frame pertama dari layer baru tersebut kemudian tekan tombol F9 untuk membuak Panel Actions. Masukkan action script berikut:

mobil_mc.onPress = function () {
startDrag(this);
}

mobil_mc.onRelease = function () {
stopDrag();
}



Layer action script

Panel Actions

Selesai. Tekan tombol CTRL+ENTER untuk melihat hasilnya. Sekarang objek dapat anda geser sesuai keinginan anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 Karya Seni Patung dan Biografi Dolorosa Sinaga

PERBEDAAN INSERT FRAME DAN INSERT KEYFRAME ADOBE FLASH