GERAKAN ELASTIS OBJEK
Hasil yang akan kita peroleh melalu tutorial ini berupa sebuah objek yang koordinat x dan y nya akan berada di x dan y mouse apabila mouse ditekan serta akan kembali ketempat semula apabila tekanan pada mouse dilepaskan.
1. Buatlah sebuah flash document.a
2. Buatlah sebuah lingkaran. Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukkan lingkaran sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.
3. Seleksi movie clip lingkaran di stage dan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan lingkaran di dalam kotak instance name.
4. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada kotak actions yang muncul masukkan script berikut :
5. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
1. Buatlah sebuah flash document.a
2. Buatlah sebuah lingkaran. Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukkan lingkaran sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.
3. Seleksi movie clip lingkaran di stage dan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan lingkaran di dalam kotak instance name.
4. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada kotak actions yang muncul masukkan script berikut :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 | //membuat variable targetX dengan nilai koordinat x awal lingkaran targetX = lingkaran._x; //membuat variable targetY dengan nilai koordinat y awal lingkaran targetY = lingkaran._y; //membuat variable kecepatanX dengan nilai 0 kecepatanX = 0; //membuat variable kecepatanY dengan nilai 0 kecepatanY = 0; //membuat variable gerak dengan nilai 1 gerak = 1; //membuat variable kecepatan dengan nilai 10 kecepatan = 10; //membuat variable perlambat dengan nilai 1.2 perlambat = 1.2; lingkaran.onEnterFrame = function() { //jika variable gerak bernilai 1 if (gerak == 1) { //posisi x movie clip ini ditambah nilai kecepatanX this._x += kecepatanX; //posisi y movie clip ini ditambah nilai kecepatanY this._y += kecepatanY; //menghitung nilai kecepatanX dan kecepatanY kecepatanX += (targetX-this._x)/kecepatan; kecepatanY += (targetY-this._y)/kecepatan; //kecepatanX dan kecepatanY dibagi perlambat kecepatanX /= perlambat; kecepatanY /= perlambat; } //jika variable gerak bernilai 2 if (gerak == 2) { //posisi x movie clip ini sama dengan posisi x kursor mouse this._x = _root._xmouse; //posisi y movie clip ini sama dengan posisi y kursor mouse this._y = _root._ymouse; //nilai kecepatanX diubah menjadi 0 kecepatanX = 0; //nilai kecepatanY diubah menjadi 0 kecepatanY = 0; } }; //ketika mouse ditekan onMouseDown = function () { //ubah nilai variable gerak menjadi 2 gerak = 2; }; //ketika mouse tidak ditekan onMouseUp = function () { //ubah nilai variable gerak menjadi 1 gerak = 1; }; |
Komentar
Posting Komentar