MENGONTROL ROTASI OBJEK
Pada tutorial di bawah ini kita akan membuat sebuah objek yang dapat dikontrol arah rotasinya. Kontrol yang digunakan adalah mouse. Jadi jika mouse digerakan, arah putaran rotasi objek juga ikut berubah sesuai letak kursor mouse.
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah sebuah objek seperti gambar di bawah ini :
3. Seleksi objek tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan segitiga sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
4. Seleksi movie clip segitiga di stage lalu tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan segitiga dalam kotak instance name.
5. Klik frame 1 dan ekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
6. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah sebuah objek seperti gambar di bawah ini :
3. Seleksi objek tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan segitiga sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
4. Seleksi movie clip segitiga di stage lalu tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan segitiga dalam kotak instance name.
5. Klik frame 1 dan ekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 | segitiga.onEnterFrame = function() { jarak = Math.sqrt(Math.pow(_root._xmouse-segitiga._x, 2)+Math.pow(_root._ymouse-segitiga._y, 2)); sudut = Math.asin((_root._xmouse-segitiga._x)/jarak); sudut = sudut*(180/Math.PI); if (_root._ymouse>segitiga._y) { if ((_root._xmouse>segitiga._x) || (_root._xmouse<segitiga._x)) { sudut = 180-sudut; } } segitiga._rotation = sudut; }; |
Komentar
Posting Komentar