MEMBUAT HUJAN
Tutorial kali ini membahas cara membuat efek hujan. Ada beragam cara cara membuatnya diantaranya dengan menggunakan animasi tween. Tapi pada tutorial ini kita akan menggunakan actionscript untuk membuatnya.
2. Tekan Ctrl+F3, pada panel properties yang muncul ubah warna Background menjadi berkode #000033
3. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel properties yang muncul masukkan script berikut :
4. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
1. Buatlah sebuah flash document.
3. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel properties yang muncul masukkan script berikut :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 | //membuat sebuah movie clip kosong yang berisi jatuh _root.createEmptyMovieClip("jatuh", 1); //mengatur width sama dengan width stage dikali 2.5 width = Stage.width*2.5; with (jatuh) { //membuat garis lineStyle(1, 0xFFFFFF, 100); lineTo(2, 10); } //membuat variable i dengan nilai kurang dari 250 for (i=0; i<50; i++) { //duplikasi jatuh dengan nama baru garis_hujan+i duplicateMovieClip(jatuh, "garis_hujan"+i, 10+i); //posisi x garis_hujan sama dengan nilai acak panjang stage _root["garis_hujan"+i]._x = random(Stage.width); //posisi y garis_hujan sama dengan nilai acak lebar stage _root["garis_hujan"+i]._y = random(Stage.height); //nilai variable kecepatan garis hujan sama dengan nilai acak 30 ditambah 10 _root["garis_hujan"+i].kecepatan = random(30)+10; //nilai alpha`garis hujan sama dengan nilai acak 80 ditambah 20 _root["garis_hujan"+i]._alpha = random(80)+20; } onEnterFrame = function () { //membuat variable i dengan nilai kurang dari 250 for (i=0; i<50; i++) { //posisi x garis hujan ditambah variable kecepatan _root["garis_hujan"+i]._y += _root["garis_hujan"+i].kecepatan; //posisi y garis hujan ditambah variable kecepatan yang dibagi 4 _root["garis_hujan"+i]._x += _root["garis_hujan"+i].kecepatan/4; //jika posisi x garis hujan lebih dari panjang stage if (_root["garis_hujan"+i]._x>Stage.width) { //posisi x garis hujan berada di nilai acak width dikurangi panjang stage dibagi 2 _root["garis_hujan"+i]._x = random(width)-Stage.width/2; //posisi y garis hujan berada di koordinat 0 _root["garis_hujan"+i]._y = 0; } //jika posisi y garis hujan lebih dari lebar stage if (_root["garis_hujan"+i]._y>Stage.height) { //posisi y garis hujan berada di koordinat 0 _root["garis_hujan"+i]._y = 0; //posisi x garis hujan berada di nilai acak width dikurangi panjang stage dibagi 2 _root["garis_hujan"+i]._x = random(width)-Stage.width/2; } } }; |
Komentar
Posting Komentar