PLAY, PAUSE dan STOP Animasi Suara
Tutorial berikut ini digunakan sebagai pelengkap tutorial Pause dan Play Suara. Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghentikan suara yang sedang dimainkan. Sebenarnya pada script Pause dan Play Suara sudah ada. Tapi karena digunakan dalam tombol pause, mungkin ada yang belum tahu.
Untuk menghentikan suara kita cukup menuliskan stop() pada variable yang menampung suara yang sedang dimainkan. Misalnya : suara ditampung pada variable Musicz, maka untuk menghentikannya kita menuliskan Musicz.stop()
Untuk contoh lainnya, kita akan menggabungkannya dengan tutorial Pause dan Play Suara :
1. Bukalah fla dari source Pause dan Play Suara.
2. Buatlah sebuah objek seperti gambar dibawah ini :
3. Seleksi objek tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukan stop_btn sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.
4. Letakan seluruh objek di stage menjadi seperti ini :
5. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul ubah seluruh scriptnya menjadi seperti ini :
6. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
7. Selain menggunakan stop(), kita juga bisa menggunakan stopAllSounds() untuk menghentikan suara. Bedanya, stop() hanya menghentikan 1 suara sedangkan stopAllSounds() akan menghentikan seluruh suara yang ada. Silahkan anda pilih sesuai kebutuhan.
Untuk menghentikan suara kita cukup menuliskan stop() pada variable yang menampung suara yang sedang dimainkan. Misalnya : suara ditampung pada variable Musicz, maka untuk menghentikannya kita menuliskan Musicz.stop()
Untuk contoh lainnya, kita akan menggabungkannya dengan tutorial Pause dan Play Suara :
1. Bukalah fla dari source Pause dan Play Suara.
2. Buatlah sebuah objek seperti gambar dibawah ini :
3. Seleksi objek tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukan stop_btn sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.
4. Letakan seluruh objek di stage menjadi seperti ini :
5. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul ubah seluruh scriptnya menjadi seperti ini :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 | //membuat variable bernama Pause dengan nilai false Pause = false; //membuat variable bernama Stop dengan nilai false Stop = false; //membuat fungsi bernama mainkanMusik function mainkanMusik() { //membuat variable musik sebagai sound object musik = new Sound(); //masukkan suara berlinkage bgm dari panel library ke dalam variable musik musik.attachSound("bgm"); //mainkan suara di dalam variable musik sebanyak 999 kali musik.start(0,999); } //jika tombol pause_btn ditekan pause_btn.onPress = function() { //membuat variable posisi dengan nilai pembualatan ke bawah dari posisi terakhir suara pada variable musik yang dibagi 1000 posisi = Math.floor(musik.position/1000); //hentikan suara pada variable musik musik.stop(); //ubah nilai variable Pause menjadi true Pause = true; }; //jika tombol play_btn ditekan play_btn.onPress = function() { //jika variable Stop bernilai true if (Stop) { //mainkan suara di dalam variable musik sebanyak 999 kali musik.start(0,1); //ubah nilai variable Pause menjadi false Pause = false; //ubah nilai variable Stop menjadi true false Stop = false; } //jika variable Pause bernilai true dan variable Stop bernilai false if (Pause && !Stop) { //mainkan suara di dalam variable musik sesuai nilai variable posisi sebanyak 1 kali musik.start(posisi,1); //ubah nilai variable Pause menjadi false Pause = false; } //jika suara di dalam variable musik selesai dimainkan musik.onSoundComplete = function() { //jalankan fungsi mainkanMusik mainkanMusik(); }; }; //jika tombol stop_btn ditekan stop_btn.onPress = function() { //ubah nilai variable Stop menjadi true Stop = true; //hentikan suara pada variable musik musik.stop(); }; //menjalankan fungsi mainkanMusik ketika swf pertama kali dijalankan mainkanMusik(); |
7. Selain menggunakan stop(), kita juga bisa menggunakan stopAllSounds() untuk menghentikan suara. Bedanya, stop() hanya menghentikan 1 suara sedangkan stopAllSounds() akan menghentikan seluruh suara yang ada. Silahkan anda pilih sesuai kebutuhan.
Komentar
Posting Komentar